KERJA MELULU, KAYA TIDAK

  "Kerja melulu, kaya tidak" kalimat itu terlalu sering terdengar oleh telingaku. bercerita tentangku entah apa yang membuatku ...

 
"Kerja melulu, kaya tidak" kalimat itu terlalu sering terdengar oleh telingaku. bercerita tentangku entah apa yang membuatku begitu terpengaruh dengan kata-kata itu. Namaku anwar panca, aku terlahir pada keluarga yang sederhana . Aku lahir di sebuah pedesaan di daerah sumatera Utara lebih tepatnya di daerah Toba Samosir, kecamatan balige di sebuah desa yang begitu dikenal dengan tempat -tempat wisata yakni Desa Pagarbatu. 


Seperti halnya suku batak pada umumnya aku memiliki marga atau nama keluarga "silalahi" karena ayahku adalah silalahi. Aku dilahirkan oleh ibu ku boru sianipar. aku anak ke-7 dari 8 bersaudara. 2 dari 8 anak oran tuaku menjalani kehidupan sebagai perantau di jakarta. yakni aku dan kakak perempuan ku anak ke 4.

sekitar 5 tahun lalu ketika aku duduk dibangku kelas 3 SMA aku punya cita-cita ingin menjadi orang sukses dan kaya. pada saat itu umurku masih 19 tahun. aku masih punya cita-cita yang segudang. ketika duduk di bangku kelas 3 tersebut aku ingin sekali melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lebih tepatnya dunia kampus. akhirnya aku mendaftarkan diri ke salah satu perguruan tinggi negri di Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada yaitu Universitas idamanku sejak aku mengenal jenjang pendidikan selain SMA. Puji Tuhan aku pun masuk ke kampus itu diterima sebagai Mahasiswa Teknik Sipil tepatnya di tahun 2009. 

singkat cerita, Aku menjalani perkuliahan di UGM dan lulus tahun 2012 tepatnya tanggal 12 july 2012 dan wisuda Agustus 2012. Beruntungnya aku sudah bekerja sebelum diwisuda di bandung karena aku sudah memasukkan lamaran ke beberapa perusahaan sebelum lulus dengan iming2 akan lulus secepatnya. 

Aku mulai menjalani pekerjaan di salah satu perusahaan kontraktor gedung sebagai Quantity surveyor dan Scheduler. Jabatan itu membuatku harus lembur tiap hari di proyek karena jobdesknya yang lumayan banyak dan memakan waktu.

sejak aku bekerja di tempat itu bisa dibilang hampir separuh jiwaku ada di proyek itu karena tiap hari aku harus masuk pukul 8 pagi dan pulang jam 10 malam bahkan kadang harus dikejar hungga pukul 12 malam. Kegelisahan pun aku alami ketika aku diputuskan oleh pacarku saat itu karena alasan aku terlalu sibuk dan gak punya waktu buat dia. tapi aku anggap hal itu sebagai tantangan karena memang itulah resiko bekerja. akhirnya aku memutuskan untuk pindah perusahaan pada agustus 2013 dan pindah ke perusahaan yang bergerak di bidang yang sama namun kali ini proyek nya ada di jakarta.
Aku mengajukan surat pengunduran diri ke atasan dan berangkat ke jakarta sebagai karyawan baru lagi di perusahaan yang baru. 

Aku bekerja di perusahaan baru merasakan hal yang tidak berbeda dengan perusahaan lama tetap saja jam kerjanya yang tidak beraturan. padahal aku melamar dengan harapan tidak akan mengalami jam kerja yang tidak teratur namun sama saja yang kurasakan. akhirnya setelah bertanya kepada teman-teman yang bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang yang sama jawaban mereka sama saja dengan apa yang aku rasakan. Aku menyimpulkan bahwa semua perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor akan sama budaya dan jam kerjanya. 

pada akhirnya kalimat "Kerja Melulu, kaya tidak" pun jadi bahan pembicaraan yang pas dikaitkan dnegan pekerja di kontraktor. waktu itu aku mendengar kalimat ini dari salah seorang teman yang mengundurkan diri dari perusahaan karena tidak kuat mengikuti jam kerja di kontraktor dan dia melompat ke Bank BUMN di jakarta. 

Setelah aku pikir-pikir lagi kalimat temanku ini, memang benar bahwa di kontraktor mebuat kita akan kerja melulu namun kaya tidak. tapi lebih positifnya lagi hal itu terjadi karena pribadi kita lagi. apakah kita tidak kayak karena sangat boros dan tidak mempunyai management keuangan sendiri pada akhirnya tidak punya tujuan. semuanya kembali lagi pada diri sendiri, kita harus bisa menghemat dan mengatur pengeluran kita sendiri. jangan sampai besar pasak daripada tiang artinya bersar pengeluaran daripada pemasukan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. How to get to Barcrest's (Garland) by Bus? - MapyRO
    Directions to Barcrest's (Garland) with public transportation. The following transit lines have 김제 출장마사지 routes that 경산 출장마사지 pass 충청북도 출장안마 near 부산광역 출장샵 Barcrest's (Garland) 원주 출장안마

    BalasHapus

Flickr Images