Mengenal Museum Batak TB Silalahi Center

Museum Pribadi T. B. Silalahi Center adalah Museum pribadi atau jejak langkah dari T.B Silalahi yang kini menjadi daya tarik wisata di Sum...

Museum Pribadi T. B. Silalahi Center adalah Museum pribadi atau jejak langkah dari T.B Silalahi yang kini menjadi daya tarik wisata di Sumatera Utara. Museum ini bertempat di Jl. Pagar Batu No. 88 (eks. Pabrik Aeroz),De, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. menempuh sekitar 5-6 jam perjalanan dari bandara Kuala namu Medan. 

Museum Pribadi TB. Silalahi atau yang diberi nama Museum Jejak Langkah dan Sejarah TB. Silalahi yang dibangun sebagai wadah untuk memotivasi generasi muda untuk terus meraih cita-cita dengan melihat pengalaman TB. Silalahi mulai dari kecil sebagai anak pengembala kerbau sampai menjadi seorang Jenderal.
Museum TB. Silalahi adalah yayasan nirlaba yang didirikan oleh Letjen TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi. Yayasan ini didirikan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Batak dan membentuk karakter masyarakat Batak. Yayasan ini dirikan berdasarkan akta nomor 10 tanggal 7 Agustus 2006 dan akta nomor 7 tanggal 8 Januari 2007, dan TB. Silalahi pernah menjadi Menteri PAN 1993-1998. (Sumber wikipedia)

Ada banyak barang-barang sejarah ataupun kisah sejarah yang dipamerkan dalam museum yang menjadi kebanggaan masyarakat tobasa ini. mulai dari Barang2 antik Dari peninggalan Budaya batak yang ada di dalam Koleksi Budaya Batak, Koleksi pribadi TB Silalahi sejak masih kecil hingga menjadi jendral, Patung, ukiran, dan masih banyak lagi. 
berikut ini adalah beberapa lokasi di Museum Jejak Langkah atau Museum TB Silalahi Center yang cocok untuk dikunjungin dan diabadikan dalam bentuk foto atau selfie.

1. Pintu masuk TB Silalahi Center
2. Rumah Adat Batak 

3. Banyak Koleksi Artefak peninggalan Sejarah

4. Suguhan Tarian Batak "Tortor"
Pengunjung disuguhakan dengan Tarian daerah Sumatera Utara yakni tortor. Bahkan tak sedikit pengunjung yang diajak dan diajarin menari tortor. menarik bukan? bisa menambah pengetahuan tentang tarian tradisional

5. Patung Marmahan Horbo

 Patung Marmahan Horbo ini menjadi salah satu objek yang tidak lupa dilirik oleh pengunjung sebagai objek foto. marmahan horbo adalah kalimat dari bahasa batak yang artinya mengembala kerbau. pada patung ini diperlihatkan masa kecil TB Silalahi yang sedang mengembala kerbau miliknya dan tidak lupa belajar. Patung ini menjadi saksi bisu bahwa sejak kecil TB Silalahi memang sudah rajin belajar dan Patung ini memotivasi para pengunjung khususnya anak-anak.


6. Senjata berat / tank
Tank ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada Museum ini. banyak pengunjung yang berdatangan dan mengabadikan foto mereka di tank mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. tank ini membuktikan perjuangan TB Silalahi semasa masih Jendral. Banyak anak-anak yang datang ke tempat ini dan mengatakan mimpinya ingin seperti TB Silalahi.



7.  Helikopter TB Silalahi
Helikopter ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena Pengunjung bisa melihat dan berfoto langsung dengan helikopter TB Silalahi.

8. Patung TB Silalahi

9. Berbagai macam Koleksi

 Layaknya sebuah museum , Museum ini juga memamerkan banyak koleksi yang takjub dan bisa memanjakan mata karena banyak koleksi di museum ini yang sudah lama yaitu peninggalan sejarah.


Sebenarnya masih banyak lagi Tempat di Museum ini yang menarik hati pengunjung. Hal itu menjadi dasar pada pengelola Museum untuk memberikan Sesuatu yang menarik bagi pengunjung. Makanya Kalo kamu punya waktu yuk jalan-jalan ke Museum TB Silalahi Center Selain menyegarkan otak kita, juga untuk menambah pengetahuan sejarah kita. kalo bukan kita yang melestarikan budaya kita sendiri siapa lagi. 

Gak akan menyesal kok kalo kita berkunjung ke museum ini karena banyak lokasi wisata di sekitar museum ini seperti Danau toba yang bisa dikunjungin sekitar 10 menit menggunakan angkot, juga Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki 5 menit dari museum. Jika lelah berkeliling di kawasan museum , pengunjung bisa berjalan lagi 5 menit untuk merilekskan badan di Kolam renang Pagarbatu. yaitu kolam renang yang dibuka untuk umum. pelayanan di museum, kolam renang dan tempat wisata lainya tergolong ramah dan bagus. Tiket masuknya juga terjangkau banget kok. Jalan-jalan sambil belajar sejarah. keren Kan???






You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images